Proses Perceraian Di Pengadilan

Proses Perceraian Di Pengadilan

Proses Perceraian Di Pengadilan

Dalam persidangan sering kali kita dapati pertanyaan dari hakim, apakah saudara dan pasangan saudara setuju untuk bercerai? Dalam mengajukan suatu permohonan atau gugatan perceraian pihak suami atau isteri tidak memerlukan persetujuan dari pasangan. Selanjutnya siapa yang berhak untuk memperoleh hak asuh anak? Jawabannya hak asuh anak untuk umur dibawah 12 tahun maka hak asuh jatuh kepada ibunya.namun hak asuh anak dapt beralih kepada bapak apabila dapat dibuktikan bahwa ibu mengalami gangguan jiwa. Terbukti melakukan perzinahan atau menggunakan narkotika atau minuman keras. Jika anak tersebut sudah berusia diatas 12 tahun maka, anak tersebut akan diberikan kesempatan oleh majelis hakim untuk memilih ingin berada dala pengasuhan ibu atau bapaknya.

kemudian kita harus tau hal-hal apa saja yang dapat yang dapat dituntut dalam proses perceraia tersebut. Yang pertama yaitu hak asuh anak dan biaya pemeliharaan anak. Hak asuh anak dan biaya pemeliharaan anak adalah conyoh hal yang dapat diajukan dalam gugatan perceraian yang diajukan oleh pihak istri. Besarnya biaya pemeliharaan anak ini baiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan sibapak. Berdasarkan KHI kewajiban bapak untuk memenuhi kebutuhan anaknya tersebut berlangsung hingga si anak dewasa atau berusia 21 tahun.

Selanjutnya ada nafkah iddah dan mut’ah. Nafkah iddah merupakan pemberian nafkah setelah bercerai dan selama si isteri dalam masa iddahnya yaitu 3 bulan. Besarnya pemberian nafkah iddh diseusaikan dengan kemampuan suami. Kemudian mut’ah merupakan pemberian mantan suami kepada isterinya yang dijatuhi talak dapat berupa uang atau berupa barang lainnya.

Setelah itu ada harta bersama. Harta bersama merupkan seluruh harta baik benda bergerak maupun benda tak bergerak yang diperoleh pihak suami dan/atau isteri setelah perkawinan. Edangkan harta yang diperoleh sebelum perkawinan statusnya tetap harta bawaan pihak suami atau isteri. Tuntunan pembagian harta bersama ini dapat diajukan bersama dengan permohonan cerai atau dengan melalui permohonan secara terpisah yang diajukan setelah proses cerai selesai. Jika diajukan bersama dengan tuntutan cerai, dikhawatirkan proses perceraiannya menjadi memakan waktu lama. Maka sebagai jalan keluarnya lebih baik mengenai pembagian harta bersama diselesaikan atas dasar kesepakatan psrs pihsk diluar pengadilan.

Kemudian berapa lama proses persidangan cerai hingga mencapai putusan? Nah, bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut silahka konsultasi kepada kami lansung, konsultasi gratis, dan jika anda memiliki permasalahan hukum, perceraian, utang-piutang, pemalsuan surat, penipuan,penggelapan dan lain sebagainya silahkan hubungi kami siap membantu.

Related posts

Leave a Comment

WhatsApp chat